SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Inovasi E-commerce dan E-service quality Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Belanja Online Pada Generasi XYZ di Kota Semarang = The Effect of E-commerce Innovation and E-service quality on Customer Satisfaction and Customer Loyalty for Online Shopping in The XYZ Generation in Semarang City
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh inovasi e-commerce dan e-service quality terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan belanja online pada generasi XYZ di Kota Semarang. Responden pada penelitian ini adalah pelanggan belanja online yang termasuk kelompok generasi XYZ di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode purposive random sampling. Kuesioner yang dibagikan terdiri dari 18 indikator dengan menggunakan skala likert 1-5. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online melalui media google form dengan jumlah sampel sebanyak 180 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model dengan bantuan program SmartPLS versi 3. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah inovasi e-commerce berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, inovasi e-commerce berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, e-service quality berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, e-service quality berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, inovasi e-commerce berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, dan e-service quality berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.
Kata kunci: inovasi e-commerce, e-service quality, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan.
No other version available