SKRIPSI DIGITAL
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Behavioral Intention Pengguna Mobile Payment Pada Masyarakat Kota Semarang. = Analysis of Factors Affecting Behavioral Intention of Mobile Payment Users in Semarang City Communities.
Nabila Chusna Cahyani, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Behavioral Intention Pengguna Mobile Payment Pada Masyarakat Kota Semarang”. Skripsi DIV Komputerisasi Akuntanis Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang, dibawah bimbingan Dra. Budhi Adhiani C, MT dan Prima Ayundyayasti, S.ST.,MSIM. Juli 2023, 123 halaman.
Tujuan penelitian ini adalah mengukur dan menguji variabel performance expectancy, effort expectancy, sosial influence, facilitating conditions, perceived security, dan promotional activities serta variabel moderasi gender, age, dan education yang menjadi faktor-faktor dalam mempengaruhi behavioral intention pengguna mobile payment pada masyarakat Kota Semarang. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori extended UTAUT dengan menambahkan dua konstruk lain yaitu, persepsi keamanan (perceived security) dan aktivitas promosi (promotional activities). Sampel dalam penelitian ini adalah 255 responden pada pengguna mobile payment dan penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer. Metode analisis data yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunkan uji SEM-PLS. Berdasarkan hasil pengujian dapat diketahui bahwa variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap Behavioral Intention pengguna mobile payment yaitu facilitating conditions, perceived security, dan promotional activities. Sedangkan, variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap behavioral intention pengguna mobile payment yaitu performance expectancy, effort expectancy, dan social influence. Variabel moderasi gender hanya memoderasi hubungan antara perceived security terhadap behavioral intention pengguna mobile payment, variabel moderasi age hanya memoderasi hubungan promotional activities terhadap behavioral intention pengguna m-payment, dan variabel education hanya memoderasi hubungan promotional activities terhadap behavioral intention pengguna mobile payment.
Kata Kunci: mobile payment, extended UTAUT, SEM, SmartPLS 4.
No other version available