SKRIPSI DIGITAL
Evaluasi Tata Kelola Layanan Teknologi Informasi pada RS Roemani Muhammadiyah Semarang Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Domain Service Operation = Evaluation of Information Technology Service Governance at Roemani Muhammadiyah Semarang Hospital Using ITIL Framework Version 3 Domain Service Operation
Muhammad Ndaru Pratama, “Evaluasi Tata Kelola Layanan Teknologi Informasi pada RS Roemani Muhammadiyah Semarang Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Domain Service Operation”, Skripsi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Sarana, S.E., M.Si., dan Ahmad Wafa Mansur, S.ST., M.IM. Agustus 2023. 120 halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mengetahui tingkat kematangan implementasi tata kelola layanan teknologi informasi area Service Operation pada RS Roemani Muhammadiyah Semarang menggunakan framework ITIL V3 serta memberikan rekomendasi perbaikan. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah Bagian Instalasi SIMRS sebagai pengelola SIMRS pada RS Roemani Muhammadiyah Semarang. Hasil penelitian ini menunjukan rata-rata tingkat kematangan seluruh proses pada area Service Operation berada pada level 4-Managed artinya aktivitas atau proses bisnis telah terorganisasi dengan baik dan proses perbaikan telah dilaksanakan dengan tepat.
Kata Kunci: Framework ITIL V3, Service Operation, Tata Kelola Layanan Teknologi Informasi,
Tingkat Kematangan
No other version available