SKRIPSI DIGITAL
Analisis Pengaruh Pengetahuan Perbankan Syariah, Kualitas Pelayanan, Digital Marketing, dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Umum Syariah (Studi pada Masyarakat Kota Semarang) = Analysis of the Influence of Sharia Banking Knowledge, Service Quality, Digital Marketing, and Social Environment on Interest in Becoming a Customer in Sharia Commercial Banks (Study in the Semarang City Community)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh Pengetahuan Perbankan Syariah, Kualitas Pelayanan, Digital Marketing, dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Umum Syariah pada Masyarakat Kota Semarang baik secara simultan maupun parsial.
Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang dipilih dengan menggunakan teknik non probability sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi linear berganda, sedangkan teknik analisis menggunakan uji statistik F, uji koefisien determinasi (R2), dan uji statistik yang diolah dengan SPSS 25.
Hasil pembuktian hipotesis dan pembahasan menunjukkan bahwa Pengetahuan Perbankan Syariah, Kualitas Pelayanan, Digital Marketing, dan Lingkungan Sosial secara simultan berpengaruh terhadap Minat menjadi Nasabah di Bank Umum Syariah pada Masyarakat Kota Semarang. Kualitas Pelayanan dan Lingkungan Sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan Pengetahuan Perbankan Syariah dan Digital Marketing secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank umum syariah pada masyarakat Kota Semarang.
Kata Kunci: Pengetahuan Perbankan Syariah, Kualitas Pelayanan, Digital Marketing, Lingkungan Sosial, dan Minat menjadi Nasabah.
No other version available