SKRIPSI DIGITAL
Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Lokasi, dan Promosi Terhadap Minat UMKM Mengajukan Pembiayaan Bank Umum Syariah di Kota Semarang = Analysis of the Influence of Product Knowledge, Location, and Promotion on the Interests of MSMEs in Applying for Islamic Commercial Bank Financing in the City of Semarang
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh pengetahuan produk, Lokasi, dan promosi Terhadap Minat UMKM Mengajukan Pembiayaan Bank Umum Syariah di Kota Semarang, baik secara simultan maupun parsial.
Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yang berupa purposive sampling (Judment Sampling) sebanyak 105 responden. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Model analisis data menggunakan Model Analisis Regresi Linier Berganda. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji statistik F, Koefisiensi Determinasi (R²), dan Uji Statistik t yang diolah dengan program SPSS 22.00.
Hasil analisis dan pembahasan menunjukan bahwa variabel pengetahuan produk, lokasi, dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan Bank Umum Syariah di Kota Semarang. Secara parsial variabel pengetahuan produk dan lokasi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan Bank Umum Syariah di Kota Semarang, sedangkan variabel promosi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan Bank Umum Syariah di Kota Semarang.
Kata Kunci: Minat UMKM Pembiayaan, Pengetahuan Produk, Lokasi, Promosi, dan Bank Umum Syariah.
No other version available