SKRIPSI DIGITAL
Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Pemasaran Digital, Citra Merek, dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Menabung di Bank Umum Syariah (Studi Pada Masyarakat Kota Semarang) = Analysis of the Effect Financial Literacy, Digital Marketing, Brand Image, and Social Environment on Interest in Savings in Islamic Banks (Study on the People of Semarang City)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh literasi keuangan, digital marketing, brand image, dan lingkungan sosial terhadap minat menabung di bank umum syariah pada masyarakat Kota Semarang secara parsial.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yang berupa purposive sampling (Judgment Sampling) sebanyak 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Model analisis data menggunakan Model Analisis Regresi Linier Berganda. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji statistik F, koefisiensi determinasi (R2), dan uji statistik t.
Hasil analisis dan pembahasan menunjukan bahwa secara parsial variabel literasi keuangan dan lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank umum syariah pada masyarakat Kota Semarang, sedangkan variabel digital marketing dan brand image berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat menabung di bank umum syariah pada masyarakat Kota Semarang.
Kata Kunci: Minat Menabung, Literasi Keuangan, Digital Marketing, Brand Image, dan Lingkungan Sosial.
No other version available