TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy Terhadap Kepuasan Nasabah PT. BPR BKK Demak (Perseroda) Kabupaten Demak = Analysis of the Influence of Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance and Empathy Regarding PT. Customer Satisfaction. BPR BKK Demak (Perseroda) Demak Regency
Perbankan di Indonesia merupakan lembaga keuangan dengan tingkat kompetensi
yang tinggi, hal itu menjadi sebuah tantangan bagi PT. BPR BKK (Perseroda)
Kabupaten Demak untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar mampu bersaing
dengan perbankan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness,
assurance, dan empathy) terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPR BKK
(Perseroda) Kabupaten Demak, baik secara simultan maupun parsial. Data dalam
penelitian ini diperoleh melaui kuesioner kepada 100 nasabah PT. BPR BKK
(Perseroda) Kabupaten Demak. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple
random sampling dengan pengujian instrument penelitian menggunakan uji
validitas dan reliabilitas. Model analisi data menggunakan model analisi regresi
liner berganda sedangkan teknik analisis data menggunakan uji statistik t, uji
statistik F, dan koefisien determinasi (R2
) yang diolah menggunakan program IBM
SPSS Statistic 25. Hasil analisis dan pembahasan menunjukan bahwa secara parsial
variabel tangible, responsiveness, assurance, dan empathy masing-masing variabel
berpengaruh positif dan signifikan sedangkan variabel reliability secara parsial
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah PT. BPR BKK
(Perseroda) Kabupaten Demak.
Kata Kunci: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy,
Kepuasan
No other version available