TA DIGITAL
Analisis kualitas layanan customer service (studi komparasi antara PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. Capem Undip Tembalang dan PT Bank Mandiri (persero) Tbk. Capem Undip Tembalang)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dimensi-dimensi kualitas layanan Customer Service dan menganalisis kualitas layanan Customer Service tersebut dan kemudian untuk membandingkan antara kualitas layanan Customer Service pada PT. Bank BNI, Tbk Capem Undip Tembalang dan PT. Bank Mandiri, Tbk Capem Undip Tembalang melalui uji kualitas layanan.
Desain penelitian yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah desain penelitian terapan dengan menggunakan teknik sampling yaitu accidental sampling, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 responden untuk masing-masing bank. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk data primer adalah dengan kuesioner sedangkan untuk data sekunder adalah dengan pengumpulan data dari internet, keterangan-keterangan atau publikasi serta dengan studi pustaka.
Dari hasil uji V aliditas dan Realibilitas seluruh pertanyaan yang terdiri dari variabel keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik dinyatakan valid dan reliabel. Pada penelitian juga didapatkan hasil bahwa kualitas layanan Customer Service pada PT. Bank Mandiri, Tbk Capem Undip Tembalang lebih baik disemua variabel dibandingkan pada PT. Bak BNI, Tbk Capem Undip Tembalang.
Dalam penelitian ini juga terdapat keterbatasan penelitian yaitu penelitian ini hanya dilakukan pada dua obyek bank yaitu PT. Bank BNI, Tbk Capem Undip Tembalang dan PT. Bank Mandiri, Tbk Capem Undip Tembalang sebagai komparasinya sehingga hasil penelitian ini tidak dapat digunakan secara regional. Sedangkan untuk agenda penelitian selanjutnya adalah melakukan penelitian pada obyek yang lebih luas atau besar.
No other version available