TA DIGITAL
Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, dan Risiko Konsumtif QRIS Terhadap Keputusan Pembayaran Digital (Studi pada Masyarakat Wilayah Semarang) = The Influence of Perceived Ease of Use, Usefulness, and Consumptive Risks of QRIS on Digital Payment Decisions (Study in Communities in the Semarang Region)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh persepsi kemudahan
penggunaan, kemanfaatan, dan risiko konsumtif QRIS terhadap keputusan pembayaran digital di
Kalangan Masyarakat Wilayah Semarang secara simultan dan parsial. Data yang dikumpulkan
melalui metode kuesioner terhadap 75 responden yaitu masyarakat Wilayah Semarang yang telah
menjadi pengguna QRIS sebagai alat pembayaran digital yang diperoleh dengan menggunakan
metode Purposive Sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji
validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolonieritas dan uji
heterokesdastisitas, serta uji analisis regresi linear berganda dan koefisien determinasi. Hipotesis
dibuktikan dengan uji F dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji F
variabel persepsi kemudahan penggunaan, kemanfaatan, dan risiko konsumtif QRIS secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembayaran digital. Berdasarkan uji t disimpulkan
bahwa hanya variabel persepsi kemudahan penggunaan QRIS berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembayaran digital.
Kata kunci : Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko Konsumtif QRIS, dan
Keputusan Pembayaran Digital
No other version available