TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Berinvestasi Pada Produk Deposito PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Wilayah Kota Semarang = Analysis the Effect of Financial Literacy, Finance, and Perception of Risk on Customer Decision Behavior to Invest in Deposit Products PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk in the Semarang City Region
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh literasi keuangan, perilaku keuangan, dan persepsi risiko terhadap keputusan nasabah dalam berinvestasi pada produk deposito BNI di wilayah Kota Semarang secara parsial.
Populasi meliputi seluruh nasabah yang telah menggunakan produk deposito BNI di wilayah Kota Semarang dengan sampel 75 responden. Penelitian menggunakan model analisis regresi linear berganda dan teknik analisis meliputi uji F yang menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan, perilaku keuangan, dan persepsi risiko secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi, uji t yang menunjukkan bahwa variabel perilaku keuangan dan persepsi risiko berpengaruh signifikan serta variabel literasi keuangan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan investasi, serta uji koefisien determinasi (R²) sebesar 0,718 (71,8%).
Kata Kunci : Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, Persepsi Risiko, Keputusan Investasi, Deposito BNI
No other version available