TA DIGITAL
Sistem dan Prosedur Administrasi Service Bengkel pada PT Nasmoco Majapahit Semarang = Workshop Service Administration System and Procedures at Nasmoco Majapahit Company
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem dan prosedur administrasi service bengkel pada PT Nasmoco Majapahit. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa sistem dan prosedur penanganan administrasi service pada PT Nasmoco Majapahit memiliki beberapa tahapan yang perlu diketahui oleh masyarakat dan perusahaan. Proses diawali dengan penerimaan keluhan kendaraan yang akan di service. Setelah itu dilakukan pembuatan work order kemudian service invoice. Lalu customer yang tidak memiliki perjanjian bisa melakukan pembayaran langsung dikasir setelah selesai. Service kepada pelanggan yang telah membuat perjanjian Dalam mengatur penerimaan service kredit, PT Nasmoco Majapahit telah menetapkan kebijakan perjanjian kerjasama layanan service kebijakan ini, pelanggan yang berencana untuk layanan service kredit diwajibkan untuk menjalani perjanjian kerjasama khusus. Sebelumnya, pelanggan diharuskan memenuhi persyaratan yang mendasar, yaitu memiliki minimal 5 (lima) unit mobil merek Toyota atau lebih, sebelum dapat melakukan perjanjian kerjasama layanan. Setelah itu karyawan AR akan membuat tagihan piutang melalui aplikasi NIS (Nasmoco Integrated System) mengirimkannya melalui POS. Pada sistem dan prosedur administrasi service memiliki kendala seperti terlambatnya pembayaran yang telah dibuat dan kesalahan pelayanan service yang tidak sesuai dengan work order dan kurangnya lampiran penagihan, Untuk mengatasi kendala tersebut yang dilakukan adalah melakukan pada pihak bengkel serta bernegosiasi pada pihak pelanggan yang tidak membayar sesuai dengan waktu yang telah ditentukan pada perjanjian dan MoU
No other version available