TA DIGITAL
Efektivitas Penerapan Relationship Marketing Pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Tanjung Emas = The Effectiveness Of Implementing Relationship Marketing At PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Branch Tanjung Emas
“EFEKTIVITAS PENERAPAN RELATIONSHIP MARKETING PADA PT PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) CABANG TANJUNG EMAS”
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Efektifitas Penerapan Relation Marketing di PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Tanjung Emas. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan terdiri dari pengguna jasa PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Tanjung Emas, berjumlah 943 pelanggan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan melibatkan 91 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan melalui kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, yaitu metode statistik untuk menyajikan dan mendeskripsikan karakteristik atau pola suatu dataset. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah kriteria tiga kotak (three box method), beserta formula pengukuran efektivitas yang menggunakan klasifikasi sebagai tolak ukur penilaian efektivitas. Hasil yang diperoleh dari three box method dan rumus pengukuran efektivitas masing-masing adalah 72,825 dan 80%. Hal ini mengarah pada kesimpulan bahwa implementasi pemasaran relasional di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Tanjung Emas telah dilaksanakan secara efektif.
Kata Kunci : Relationship Marketing, Efektivitas, Pelabuhan Indonesia
No other version available