TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Produk dan Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Arrum Haji PT Pegadaian Cabang Demak = The Influence of Product Quality and Promotion Mix on Purchasing Decision of Arrum Haji PT Pegadaian Cabang Demak
Menurunnya jumlah nasabah yang menggunakan produk Arrum Haji selama lima
tahun terakhir mendorong PT Pegadaian Cabang Demak untuk mempertahankan
kualitas produk dan meningkatkan bauran promosi untuk mempengaruhi keputusan
pembelian pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
kualitas produk dan bauran promosi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini
menggunakan purposive sampling untuk mendapatkan 100 responden dari nasabah
Arrum Haji. Arrum Haji merupakan pembiayaan secara syariah yang memberikan
kemudahan nasabah untuk mendapatkan porsi haji dengan barang jaminan berupa
emas. Data primer dikumpulkan dengan kuesioner dalam bentuk google form dan
cetak. Kuesioner telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menerapkan
analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh variabel X dan Y.
Penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Kualitas produk berdampak positif terhadap
keputusan pembelian; dan 2) Bauran promosi berdampak positif terhadap keputusan
pembelian. PT Pegadaian Cabang Demak harus mempertahankan kualitas produk dan
bauran promosi untuk meningkatkan keputusan pembelian seiring dengan
meningkatnya jumlah nasabah yang menggunakan produk Arrum Haji. PT Pegadaian
harus fokus mempromosikan kualitas produk tentang bukti fisik, penjualan langsung,
dan kualitas jasa yang baik.
No other version available