TA DIGITAL
Pengaruh Brand Trust dan Service Quality terhadap Keputusan Pembelian Produk Mulia Ultimate pada PT Pegadaian Cabang Purworejo = The Influence of Brand Trust and Service Quality on Purchase Decision for Mulia Ultimate Products at PT Pegadaian Purworejo Branch
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fluktuasi penjualan mulia ultimate pada PT Pegadaian Cabang Purworejo mulai dari tahun 2017-2022, dengan penurunan penjualan terbesar terjadi pada tahun 2021. PT Pegadaian merupakan anak usaha dari Bank Rakyar Indonesia yang bergerak di bidang gadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust dan service quality terhadap keputusan pembelian produk mulia ultimate pada PT Pegadaian Cabang Purworejo. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh nasabah produk mulia ultimate pada PT Pegadaian Cabang Purworejo. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling terhadap 100 responden yang merupakan pembeli produk mulia ultimate PT Pegadaian Cabang Purworejo. Variabel bebas dari penelitian ini adalah brand trust, service quality dan variabel terikat dari penelitian ini adalah keputusan pembelian. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand trust secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan service quality tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan brand trust dan service quality memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil perhitungan regresi diperoleh Y = 7,439 + 0,690X1 + 0,139X2. Hasil koefisien determinasi antara brand trust dan service quality memberikan konstribusi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sebesar 55,2% sedangkan sisanya sebesar 44,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Kata kunci: Brand Trust, Service Quality, Keputusan Pembelian
No other version available