TA DIGITAL
Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Bean Spot Alfamart KIW Semarang = The Influence of Price and Sales Promotion on Purchasing in Bean Spot Alfamart KIW Semarang City
Persaingan retail di Indonesia saat ini, khususnya di kota Semarang mendorong
Alfamart untuk merumuskan inovasi baru, yaitu memperkenalkan produk makanan
dan minuman siap saji berkualitas tinggi dan modern melalui Bean Spot yang ada
di gerai-gerai Alfamart. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga
dan promosi penjualan terhadap pembelian pada Bean Spot Alfamart KIW
Semarang dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan
melalui teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan
yaitu metode observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Analisis data pada penelitian
ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi
liniear berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi dengan bantuan program IBM
SPSS versi 25. Hasil dari seluruh pengujian tersebut didapatkan persamaan regresi
???? = 27352,469 + 0,299????2 + ???? dengan nilai t hitung pada variabel harga sebesar
-4,616 lebih kecil dari t tabel dan nilai t hitung pada variabel promosi penjualan
sebesar 11,329 lebih besar dari t tabel dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga dari
hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel harga tidak memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap variabel pembelian dan variabel promosi penjualan
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel pembelian. Selain itu, variabel
harga dan promosi penjualan berkontribusi bersama-sama terhadap variabel
pembelian sebesar 59,4%, sedangkan sisanya 40,6% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti.
No other version available