TA DIGITAL
Pengaruh Customer Perceived Value dan Brand Trust terhadap Customer Retention pada Jawa Pos Radar Semarang (Studi pada Konsumen di Kota Semarang) = The Influence of Customer Perceived Value and Brand Trust on Customer Retention at Jawa Pos Radar Semarang (Study On Consumers in the City of Semarang)
Dalam upaya mempertahankan customer retention untuk menghadapi era globalisasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor meliputi customer perceived value dan brand trust. Jawa Pos Radar Semarang merupakan salah satu perusahaan media cetak yang menaungi segala pemberitaan di wilayah Semarang dan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui pengaruh customer perceived value dan brand trust terhadap customer retention pada Jawa Pos Radar Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen surat kabar Jawa Pos Radar Semarang di Kota Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik incidental dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji t, uji f, uji normalitas,uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji analisis linear berganda, dan koefisien determinasi. Pada hasil penelitian didapatkan persamaan regresi Y= 3,920 + 0,447 X1 + 0,242 X2 yang artinya customer perceived value dan brand trust berpengaruh positif terhadap customer retention pada Jawa Pos Radar Semarang. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,595 yang artinya customer perceived value dan brand trust memberikan kontribusi secara bersama-sama berpengaruh terhadap customer retention sebesar 59,5% sedangkan sisanya yaitu 49,5% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan pada penelitian ini yaitu peneliti merasa kurang yakin bahwa responden berasal dari 16 kecamatan di Kota Semarang
No other version available