TA DIGITAL
Implementasi Promosi Penjualan (Sales Promotion) pada Rorokenès Indonesia = Implementation of Sales Promotion at Rorokenès Indonesia
Rorokenès Indonesia merupakan usaha kecil menengah tas kerajinan handmade anyaman kulit dan kain tenun yang berasal dari Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi promosi penjualan (sales promotion) pada Rorokenès Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara dengan Marketing dan konsumen Rorokenès Indonesia, observasi, dokumentasi pada Rorokenès Indonesia, dan melalui studi literatur berasal dari buku, jurnal, dan sumber lainnya. Penjualan Rorokenès Indonesia pada tahun 2018-2022 mengalami fluktuasi, pada tahun 2021 mengalami penurunan penjualan terbesar sebesar 30,23%, pada tahun 2022 penjualan Rorokenès dapat meningkat drastis sebesar 39,98% dibandingkan dengan tahun 2021. Rorokenès Indonesia mengimplementasikan promosi penjualan untuk meningkatkan penjualannya. Implementasi promosi penjualan yang dilakukan Rorokenès Indonesia berupa sampel, potongaan harga, program frekuensi, dan garansi produk. Implementasi promosi penjualan yang tepat dan efektif mampu memberikan dampak positif. Rorokenès Indonesia dapat menarik minat konsumen, meningkatkan penjualan, membangun loyalitas, dan memperkuat citra merek di pasar.
No other version available