TA DIGITAL
Pengaruh Pemasaran Media Sosial WhatsApp dan Customer Preference Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cicil Mulia Ultimate Pada PT Pegadaian Cabang Salatiga Selatan = The Influence of WhatsApp Social Media Marketing and Customer Preference on Purchasing Decisions for Cicil Mulia Ultimate Products at PT Pegadaian South Salatiga Branch
Dalam kegatan usaha, perusahaan harus memperhatikan tingkat keputusan pembelian produk yang dijual guna untuk mengetahui seberapa ketertarikan konsumen atau pelanggan terhadap produk yang di jual. Keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor internal maupun faktor eksternal yang dimiliki oleh konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pemasaran Media Sosial WhatasApp dan Customer Preference Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cicil Mulia Ultimate pada PT Pegadaian Cabang Salatiga Selatan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan studi pustaka. Populasi dari penelitian ini yaitu nasabah PT Pegadaian Cabang Salatiga Selatan yang membeli produk cicil mulia ultimate dengan jumlah 230 orang (data perusahaan). Teknik pengambilan sampel yang dipilih yaitu Teknik Probability Sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis kuantitatif yang diukur dengan alat analusis seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji t uji F, dan koefisien determinasi. Hasil dar penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemasaran media sosial dan customer preference memiliki pengaruh positif dan signifikan secara simultan maupun parsial terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil analisis diperoleh nilai Adjust R2 sebesar 0,440, hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel independen dalam mempengaruhi variabel dependen sebesar 44% dan sisanya 56% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Kata kunci: pemasaran media sosial, whatsapp, customer preference, keputusan pembelian.
No other version available