TA DIGITAL
Penanganan Keluhan Pengguna Pada BLU UPTD Trans Semarang = Handling of User Complaints at BLU UPTD Trans Semarang
Judul : Penanganan Keluhan Pengguna Pada BLU UPTD Trans Semarang
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kenaikan jumlah keluhan yang sangat drastis dari tahun 2021 dengan jumlah keluhan sebesar 133 keluhan menjadi 1189 keluhan pada tahun 2022 yang berarti BLU UPTD Trans Semarang perlu melakukan tindakan penanganan keluhan yang melonjak secara cepat dan tepat terutama pada tahun 2023 saat ini. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penanganan keluhan pengguna BRT Trans Semarang di BLU UPTD Trans Semarang, mengetahui kendala apa saja dalam penanganan keluhan pengguna BRT Trans Semarang di BLU UPTD Trans Semarang, dan mengetahui cara mengatasi kendalam dalam Upaya penanganan keluhan pengguna BRT Trans Semarang di BLU UPTD Trans Semarang.
Penelitian ini berdasarkan penggunaan metode kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan Teknik observasi dan juga wawancara dengan pimpinan Perusahaan serta divisi operasional alkom BLU UPTD Trans Semarang. Adapun analisis dari interpretasi data wawancara ialah pihak yang menangani keluhan pengguna atau divisi operasional alkom menggunakan strategi produk jasa, strategi harga jasa, strategi promosi jasa, dan strategi sumber daya manusia dalam penerapan strategi tahunannya dan menggunakan unsur A6 A6 yakni ability (kemampuan), attitude (sikap), appearance (penampilan), attention (perhatian), action (tindakan), dan accountability (tanggungjawab). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pelayanan prima yang dilakukan di BRT Trans Semarang belum memenuhi unsur A6, keluhan pengguna yang terjadi di BRT Trans Semarang masih bersifat fluktuatif belum stabil turun, sehingga diperlukan cara yang tepat untuk mengatasi keluhan pengguna. Dan pada strategi pemasaran jasa yang diterapkan BLU UPTD Trans Semarang sudah mengikuti perkembangan zaman sekarang dengan penggunaan teknologi media sosial.
Kata kunci : Penanganan keluhan, pelayananprima, strategi promosi jasa, strategi harga jasa, strategi produk jasa, unsur A6, strategi sumber daya manusia.
No other version available