TA DIGITAL
Pengaruh Citra Merek, Personal Selling, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Nasabah dalam Mengambil Kredit pada PT BPR BKK Demak (Perseroda) Cabang Karangtengah = The Influence of Brand Image, Personal Selling, and Word of Mouth from Customer Decision in Taking Credit at PT BPR BKK Demak (Perseroda) Karangtengah Branch
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek, Personal Selling, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Kredit pada PT BPR BKK Demak (Perseroda) Cabang Karangtengah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling terhadap 100 responden. Variabel bebas dari penelitian adalah Citra Merek, Personal Selling, dan Word of Mouth. Sedangkan, variabel terikat dari penelitian ini adalah Keputusan Pembelian. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan menggunakan SPSS versi 26, diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 6,818 + 0,185X₁ + 0,188X₂ + 0,382X3 + e. Hasil uji F menunjukkan nilai F hitung sebesar 27,306 sedangkan F tabel sebesar 2,70. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel dan menghasilkan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa citra merek (X₁), personal selling (X₂), dan word of mouth (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Pengaruh variabel independen yang mempengaruhi keputusan pembelian secara dominan yaitu variabel word of mouth dengan koefisien regresi sebesar 0,382.
Kata Kunci: Citra Merek, Personal Selling, Word of Mouth, Keputusan Pembelian.
No other version available