TA DIGITAL
Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Pospay = Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Pospay
PT Pos Indonesia adalah sebuah perusahaan milik negara (BUMN) yang beroperasi di bidang layanan pos di Indonesia. Dalam sistem pembayaran yang mengalami kemajuan pesat berkat perkembangan teknologi yang canggih PT Pos Indonesia berupaya mengembangkan produk inovatif seperti Pospay sebagai langkah terobosan dalam layanan keuangan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Kemudahan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Pospay. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya, studi pustaka, dan observasi. Populasi yang digunakan adalah masyarakat Pati. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Alat pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan IBM SPSS 25. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan persamaan regresi Y = 5,464 + 0,201x1 + 0,515x2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemudahan dan Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Penggunaan. Hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa besarnya Adjusted R Square sebesar 0, 929. Hal tersebut dapat diartikan bahwa kemudahan dan kepercayaan memberikan pengaruh sebesar 92,9% terhadap keputusan penggunaan sedangkan sisanya 7,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kemudahan, Kepercayaan, Pospay, Keputusan Penggunaan
No other version available