TA DIGITAL
Pengaruh Destination Image dan Tourist Facilities terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Wisata Waduk Gunungrowo Indah Kabupaten Pati (Studi pada Jumlah Kunjungan Wisatawan Januari - Mei 2023) = The Influence of Destination Image and Tourist Facilities on Revisiting Intention of Reservoir Tour Gunungrowo Indah Pati Regency (Study on Number of Tourist Arrivals January - May 2023)
Perkembangan dunia pariwisata saat ini semakin hari semakin meningkat, menuntut para pengelola wisata untuk menciptakan strategi pemasaran pariwisata yang tepat untuk memenangkan persaingan. Munculnya berbagai obyek wisata baru menyebabkan ketatnya persaingan dunia wisata. Salah satunya Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Pati merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan yang memiliki sistem pemasaran pariwisata yang menarik. Instansi pemerintahan ini mengelola banyak obyek wisata di Kabupaten Pati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berkunjung kembali. Faktor penentu yang dipertimbangkan adalah destination image dan tourist facilities. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan metode survey. Skala pengukuran yang dipakai adalah agree-disagree scale. Sampel penelitian adalah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka, dan kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan menguji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji F, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel destination image dan tourist facilities berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali. Hasil analisis regresi linear berganda menghasilkan Y= 12,197 + 0,382X1 + 0,308X2. Rekomendasi dari hasil penelitian agar Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pati dapat lebih meningkatkan destination image melalui promosi media sosial dengan meningkatkan konten wisata pada media sosial Instagram serta dapat meningkatkan tourist facilities dengan meningkatkan keawetan fasilitas sehingga dapat meningkatkan minat berkunjung kembali.
No other version available