SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada PT Berkah Samudra Logistik Semarang = The influence of Service Quality and Price on Purchase Decision at PT Berkah Samudra Logistik Semarang
PT Berkah Samudra Logistik Semarang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman. PT Berkah Samudra Logistik Semarang terletak di Jalan Lingga II No. 23, Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa dan harga terhadap keputusan pembelian pada PT Berkah Samudra Logistik Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling terhadap 55 responden. Variabel bebas dari penelitian adalah Kualitas Pelayanan Jasa dan Harga, sedangkan variabel terikat dari penelitian ini adalah Keputusan Pembelian. Pengumpulan data primer menggunakan wawancara dan kuesioner, serta studi literatur untuk data sekunder. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan menggunakan SPSS versi 25, diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 2,508 + 0,308X1 + 0,624X2 + e. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel dan menghasilkan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Hasil uji F menunjukkan nilai F hitung sebesar 20,570, sedangkan F tabel sebesar 3,18. Jadi dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan jasa (X1) dan harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Pengaruh variabel independen yang mempengaruhi keputusan pembelian secara dominan yaitu variabel harga dengan koefisien regresi sebesar 0,624.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Jasa, Harga, Keputusan Pembelian.
PT Berkah Samudra Logistic Semarang is a company engaged in shipping services. PT Berkah Samudra Logistic Semarang is located at Lingga II Street No. 23, Semarang. This study aims to determine the effect of service quality and price on purchasing decisions at PT Berkah Samudra Logistic Semarang. The sampling technique used purposive sampling of 55 respondents. The independent variables of the research are Service Quality and Price. Meanwhile, the dependent variable of this study is the Purchase Decision. Primary data collection using interviews and questionnaires, as well as literature studies for secondary data. The analytical method used is validity test, reliability test, descriptive analysis, classical assumption test, multiple linear regression, t test, F test and the coefficient of determination. Based on the calculations that have been done using SPSS version 25, the regression equation is Y = 2.508 + 0.308X1 + 0.624X2 + e. The results of the t test show that the calculated t value is greater than the t table value and produces a significance value of less than 0.05. The results of the F test show that the calculated F value is 20.570, while the F table is 3.18. So it can be concluded that service quality (X1) and price (X2) have a positive and significant effect on purchasing decisions (Y). The influence of the independent variable that influences purchasing decisions dominantly is the price variable with a regression coefficient of 0.624.
Keywords: Service Quality, Price, Purchase Decision.
No other version available