SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Green Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian UNIQLO (Studi pada Konsumen UNIQLO di Semarang) = The Influence of Green Marketing and Brand Image on Purchase Decision of UNIQLO (A Study on UNIQLO Consumers in Semarang)
Perkembangan zaman melalui globalisasi dan teknologi berdampak signifikan pada industri pakaian dan mengubah persepsi terhadap pakaian sebagai identitas dan komunikasi sosial. Transformasi ini menciptakan tantangan dan peluang di industri pakaian, termasuk isu lingkungan. Tanggapan positif konsumen mendorong UNIQLO mengadopsi praktik bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan, sekaligus memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan. Tujuan penelitian adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh green marketing (GM) dan brand image (BI) terhadap keputusan pembelian (KP) UNIQLO di Semarang. Populasi penelitian adalah rata-rata jumlah pengunjung mingguan UNIQLO di Semarang yang berjumlah 1.100 orang. Sampel terdiri dari 100 responden yang dipilih melalui teknik convenience sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan data diperoleh dari studi pustaka serta kuesioner yang menggunakan skala semantik diferensial. Metode analisis yang dipergunakan mencakup analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda, menggunakan software IBM SPSS 25. Temuan analisis regresi linear berganda menghasilkan model Y = 0,991 + 0,458X1 + 0,277X2. Hasil ini menunjukkan green marketing dan brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari analisis R2, terungkap bahwa sekitar 39,4% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh GM dan BI, sementara 60,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini.
No other version available