SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Literasi Keuangan terhadap Keputusan Pembelian Tabungan Emas di Pegadaian Unit Pembantu Cabang Boja = The Influence of Social Media Marketing and Financial Literacy on Purchase Decisions of Gold Savings in Pegadaian Unit Boja
Untuk memahami pengaruh yang diberikan oleh Pemasaran Media Sosial dan Literasi Keuangan terhadap Keputusan Pembelian merupakan tujuan dari penelitian ini. Permasalahan dari penelitian ini dikarenakan dari meningkatnya pengguna internet di Indonesia akan tetapi masih rendahnya tingkat literasi keuangan di Indonesia dan banyak masyarakat yang tidak mengetahui manfaat dari produk Tabungan Emas milik Pegadaian. Untuk menganalisis dan menentukan jumlah sampel digunakanlah metode penelitian kuantitatif dengan teknik non probability sampling (purposive sampling) dalam studi ini. Penelitian ini menetapkan jumlah sampel yang diambil yaitu 95 responden. Metode analisis data ini memakai analisis regresi linear berganda agar dapat mengukur pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil yang ditemukan bahwa variabel Pemasaran Media Sosial dan variabel Literasi Keuangan memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Besarnya koefisien determinasi sebesar 90,5% terhadap Keputusan Pembelian dan sisanya 9,5% disebabkan oleh faktor lain yang tidak dipertimbangkan dalam penelitian ini. Hal ini dapat menjadi bukti bahwa variabel Pemasaran Media Sosial dan Literasi Keuangan memiliki peran penting dalam meningkatkan Keputusan Pembelian tabungan emas. Berdasarkan data tersebut, diharapkan PT Pegadaian UPC Boja dapat meningkatkan pemasaran media sosial dan literasi keuangan agar keputusan pembelian tabungan emas dapat tercapai.
No other version available