SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Brand Ambassador, Viral Marketing dan Perceived Quality terhadap Consumer Purchase Decision Produk Skincare Whitelab = The Influence of Brand Ambassadors, Viral Marketing and Perceived Quality on Consumer Purchase Decisions Whitelab Skincare Products
Penelitian ini menyoroti masalah pada penurunan penjualan yang dialami Whitelab selama satu tahun terakhir serta penurunan rata-rata pencarian di Google Trend pada tahun 2022. Whitelab merupakan brand skincare lokal yang berdiri pada tahun 2020 di bawah naungan perusahaan induk DECA Group. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model penelitian untuk menganalisis faktor pendorong yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen saat produk skincare sehingga dapat membantu dalam perancangan strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini mengadopsi perspektif Theory of Planned Behavior. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode survei untuk pengumpulan data. Kuesioner disebar kepada responden menggunakan Google Form di media sosial. Populasi penelitian ini adalah konsumen Whitelab yang tidak diketahui jumlah pastinya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 387 responden. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan alat analisis SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Ambassador berpengaruh positif terhadap Consumer Purchase Decision, dibuktikan dengan nilai signifikansi t = 4,304 > 1,966. Viral Marketing berpengaruh positif signifikan terhadap Consumer Purchase Decision, dibuktikan dengan nilai t = 3,849 > 1,966. Consumer Purchase Decision secara signifikan dipengaruhi oleh Perceived Quality yang ditunjukkan dengan nilai t = 11,933 > 1,966. Persamaan penelitian yang terbentuk adalah CPD = 0.680 + 0.138BA + 0.171VM + 0.527PQ. Persamaan ini menunjukkan bahwa Perceived Quality memiliki pengaruh paling kuat dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dan solusi untuk Whitelab dalam menghadapi persaingan industri kecantikan di Indonesia dengan pengaplikasian Brand Ambassador, Viral Marketing dan Perceived Quality untuk meningkatkan Consumer Purchase Decision pada Whitelab.
No other version available