TA DIGITAL
Analisis pengaruh harga, produk dan iklan terhadap keputusan pembelian mie instan merek indomie (Studi pada mahasiswa Politeknik Negeri Semarang)
Dengan semakin pesatnya persaingan produk mie instan di Indonesia, sehingga perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, produk dan iklan terhadap keputusan pembelian mie instan Indomie. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan obyek-obyek yang berhubungan untuk pengambilan keputusan yang bersifat umum. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Politeknik Negeri Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa Politeknik Negeri Semarang yang pernah mengkonsumsi produk mie instan Indomie, yang diambil secara accidental sampling. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner.
Hasil analisis regresi linier berganda yaitu, Y = 0,219X1 + 0,343X2 + 0,372X3. variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel iklan (0,372), diikuti oleh variabel produk (0,343) dan terakhir adalah variabel harga (0,219). Hasil uji F dan uji t membuktikan bahwa semua variabel independen (produk, harga dan iklan) mempunyai pengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian mie instan Indomie. Artinya menurut konsumen, ketiga variabel independen tersebut dianggap penting ketika akan membeli produk mie instan Indomie. koefisien determinasi (adjusted R2) sebesar 0,524. Hal ini berarti 52,4% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel harga produk, dan iklan, sedangkan sisanya yaitu 47,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.
No other version available