SKRIPSI DIGITAL
Implementasi Omnichannel melalui E-store sebagai Pengembangan Manajemen Etalase Produk pada CV Depastry Homemade Semarang Berbasis Katalog Digital = Implementation of Omnichannel through E-store as Development of Product Showcase Management at CV Depastry Homemade Semarang Based on Digital Catalogs
Konsep omnichannel saat ini hadir karena adanya pengaruh digitalisasi pada dunia bisnis yang mempengaruhi pola belanja konsumen yang menggunakan berbagai channel baik secara online maupun offline. Dengan banyaknya channel penjualan yang digunakan tentunya mampu meningkatkan penjualan pada perusahaan, namun jika tidak diimbangi dengan manajemen penerimaan pesanan yang baik maka akan menimbulkan permasalahan bagi perusahaan. Dengan memanfaatkan konsep omnichannel yang berbasis e-store maka dapat membantu dalam mengintegrasikan saluran penjualan, mengelola manajemen etalase produk, dan dapat membantu dalam proses pencatatan pesanan secara terstruktur. CV Depastry merupakan sebuah toko bakery yang menjual beragam pastry dan roti yang memiliki saluran penjualan lebih dari satu channel dan belum terintegrasi antar saluran penjualan. Proses penerimaan pesanan dari berbagai channel penjualan dicatat menggunakan pencatatan manual yang menimbulkan rentan kesalahan hingga mendapat keluhan dari pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah e-store berbasis website sebagai integrasi antar saluran penjualan pada toko Depastry. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode Waterfall. Penelitian ini juga menggunakan conjoint analysis untuk mengetahui preferensi konsumen dalam menggunakan e-store berbasis website. Sampel pada penelitian ini adalah 60 responden dengan kriteria orang yang berumur 20-30 tahun dan melakukan belanja online pada e-store manapun minimal 1-5 kali. Hasil penelitian conjoint analysis dari 60 responden, secara umum didapatkan preferensi konsumen dalam menggunakan e-store yaitu konsumen menyukai tampilan e-store dengan desain yang menarik, produk yang dijual adalah produk yang lengkap, bervariasi, dan berkualitas, pada website e-store terdapat kategori produk terlaris, dan memiliki fitur customer service via WhatsApp dan tersedia multi shipping dan multi payment. Dengan tingkat kepentingan tertinggi terdapat pada atribut tersedia multi shipping dan multi payment dengan presentase sebesar 56,8%. Dengan adanya website ini diharapkan dapat memiliki manfaat bagi perusahaan dalam manajemen pencatatan pesanan dan mampu membantu dalam manajemen etalase produk berbasis digital.
No other version available