SKRIPSI DIGITAL
Peran Dynamic Capability dalam Memediasi Virtual Leadership terhadap Creative Performance: Sebuah Studi pada Perspektif Ekonomi Berbasis Pengetahuan = The Role Dynamic Capability in Mediating Virtual Leadership on Creative Performance: A Study on Knowledge-Based Economic Perspectives
ABSTRAK
Peran Dynamic Capability dalam Memediasi Virtual Leadership terhadap Creative Performance: Sebuah Studi pada Perspektif Ekonomi Berbasis Pengetahuan
Permasalahan yang muncul adalah kurangnya pengembangan produk co-creation, rendahnya pemanfaatan teknologi, dan kesulitan organisasi dalam beradaptasi terhadap perubahan pasar. Berangkat dari permasalahan tersebut, studi ini menawarkan peran Dynamic Capability untuk adaptif di tengah perubahan pasar dengan mengoptimalkan sumber daya organisasi dalam penciptaan kreativitas. Dynamic Capability membutuhkan peran Virtual Leadership dan Relational Capital untuk mendorong hadirnya kreativitas. Adapun contradictory evidence gap menjadi permasalahan lain berupa hasil penelitian pengaruh Virtual Leadership terhadap Creative Performance
yang masih inkonklusif. Arah penelitian ini adalah menguji secara empiris peran Dynamic Capability dengan Virtual Leadership dan Relational Capital sebagai variabel anteseden yang menjadi strategi dalam mencapai Creative Performance. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan teknik sampling berupa purposive sampling
hingga diperoleh 180 responden yang merupakan pemimpin industri kreatif di Jawa Tengah. Studi ini menggunakan perspektif Dynamic Capability Theory dan hasil penelitian ditujukan kepada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah. Alat analisis yaitu Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah menggunakan software AMOS. Hasil penelitian ini secara empiris menemukan bahwa peran Dynamic
Capability mampu memediasi penuh. Virtual Leadership berpengaruh signifikan terhadap Dynamic Capability (β=0.296), kemudian Relational Capital terhadap Dynamic Capability berpengaruh secara signifikan (β=0.558), serta Dynamic Capability berpengaruh secara signifikan terhadap Creative Performance (β=1.270). Studi ini memberikan kontribusi praktis bagi manajer untuk mendorong anggota
organisasi dalam meningkatkan kemampuan pengindraan, belajar, integrasi, dan konfigurasi ulang dalam memanfaatkan teknologi virtual dan jaringan organisasi. Penelitian di masa depan dapat menguji model yang sama pada objek lain atau secara longitudinal.
Kata Kunci: Virtual Leadership, Relational Capital, Dynamic Capability, Creative Performance.
No other version available