SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Pelayanan Unit Informasi terhadap Kepuasan Penumpang Domestik pada Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo = The Effect of Information Unit Services on Domestic Passenger Satisfaction at Adi Soemarmo International Airport, Surakarta
Peningkatan mobilitas masyarakat berdampak terhadap kenaikan jumlah penumpang, layanan Unit Informasi yang diberikan Bandara Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta harus memberikan kepuasan pada penumpang. Unit informasi berperan penting dalam menunjang lajunya kegiatan operasional bandara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan yang diukur oleh dimensi kualitas pelayanan yaitu reability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible terhadap kepuasan penumpang Unit Informasi Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penumpang yang menggunakan jasa Unit Informasi dan sampel penelitian ini dilakukan terhadap 100 orang responden dengan menggunakan metode non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan antara lain, uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial reability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible berpengaruh terhadap kepuasan penumpang. Secara simultan reability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible berpengaruh terhadap kepuasan penumpang. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa reability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible berpengaruh terhadap kepuasan penumpang yakni sebesar 81,3% dan sisanya 18,7% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
No other version available