TA DIGITAL
Implementasi Strategi Periklanan Digital Menggunakan Google Ads: Studi Kasus pada PT Taman Media Digital Semarang = Implementation of Digital Advertising Strategy Using Google Ads: A Case Study at PT Taman Media Digital Semarang
PT Taman Media Digital (TMD) Semarang merupakan perusahaan digital yang bergerak di bidang digital marketing dan advertising atau periklanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi periklanan digital pada layanan jasa iklan Google Ads kepada klien, serta hambatan dan solusi dari permasalahan yang terjadi. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara pada divisi advertising PT Taman Media Digital dan studi pustaka dengan membaca buku dan dokumen. Periklanan adalah penyampaian pesan-pesan penjualan yang diarahkan kepada masyarakat melalui cara-cara persuasif yang bertujuan menjual barang, jasa atau ide. Strategi periklanan yang efektif dan efesien pada kampanye iklan yang dilakukan akan menghasilkan konversi yang menjadi pendapatan laba keuntungan penjualan atau branding produk dan jasa tergantung pada tujuan iklan dilaksanakan. Strategi yang digunakan dalam mendapatkan klien perusahaan untuk kategori UMKM yakni dengan memanfaatkan WoM Marketing (Word of Mouth) yang dilakukan oleh pihak konsumen dalam bentuk feedback atau ulasan pada platform Google Review mengenai layanan yang diberikan TMD dan ulasan dari influencer serta para pengguna media sosial di instagram dan facebook terkait rekomendasi kepuasan penggunaan jasa periklanan TMD. Sedangkan untuk klien kategori perusahaan besar dengan pengajuan proposal penawaran kerjasama untuk memenangkan tender. Hambatan yang terjadi dalam implementasi kegiatan periklanan yakni persaingan kompetitor yang tidak sehat, spam klik dan server downtime, dimana upaya yang dilakukan yakni pengalokasian dana, pelaporan dan bloking IP pengguna serta memantau dan mengatur jam tayang iklan.
Kata kunci: Implementasi, Strategi, Google Ads
No other version available