TA DIGITAL
Pengaruh Relationship Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada PT Kawasan Industri Wijayakusuma Semarang) = The Influence of Relationship Marketing and Service Quality on Customer Satisfaction (Case Study at PT Kawasan Industri Wijayakusuma Semarang)
Jumlah kawasan industri terus mengalami peningkatan yang menimbulkan persaingan semakin ketat. Oleh karena itu kawasan industri harus menentukan strategi untuk meningkatkan dan mempertahankan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh relationship marketing dan kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan pada klien PT Kawasan Industri Wijayakusuma. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan studi pustaka. Jumlah sampel sebanyak 55 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 1,032 + 0,494 X1 + 0,337 X2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Relationship marketing dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci: Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan, Kepuasaan Pelanggan
No other version available