TA DIGITAL
Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Pengguna PLN Mobile di PT. PLN ULP Semarang Selatan = THE INFLUENCE OF E-SERVICE QUALITY ON E-CUSTOMER SATISFACTION OF PLN MOBILE USERS AT PT PLN ULP SOUTH SEMARANG
Kepuasan pelanggan merupakan hal penting dalam bisnis suatu perusahaan. Salah satu faktor dari kepuasan pelanggan adalah kualitas pelayanan yang baik dimana pelanggan yang merasa puas dengan kualitas suatu layanan maka dia akan memberikan pendapat yang baik terhadap layanan tersebut kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh e-service quality terhadap e-customer satisfaction pengguna PLN mobile di PT PLN ULP Semarang Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya, studi Pustaka dan dokumentasi. Teknik sampling yaitu jenis accidental sampling. Kuesioner dibagikan kepada 100 responden dengan syarat sudah mengunduh dan menggunakan aplikasi PLN Mobile minimal dua kali. Teknik pengujian yaitu melalui analisi regresi linier sederhana, uji t dan koefisien determinasi menggunakan software SPSS versi 25. Dari hasil pengujian dihasilkan persamaan Y = 11,014 + 0,742X. Hasil dari uji t sebesar 9,058 memperlihatkan pengaruh yang signifikan dari e-service quality terhadap e-customer satisfaction dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar 0,450 atau 45% yang artinya : e-service quality mempengaruhi e-customer satisfaction sebesar 45% faktor lain sebesar 55%.
No other version available