TA DIGITAL
Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Di Kantin Tata Niaga Politeknik Negeri Semarang (Studi Kasus Pada Kantin Dharma Wanita) = Analysis Of The Effect Of Service Quality On Student Satisfaction Of Business Administration Department In Tata Niaga Canteen Of Semarang State Polytechnic (Case Study On Dharma Wanita Canteen)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis di kantin Tata Niaga Politeknik Negeri Semarang (Studi Kasus pada kantin Dharma Wanita), berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Sampel penelitian ini adalah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji instrumen penelitian ini berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode Importance-Performance Analysis. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan aplikasi Ms. Excel dan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis metode Importance-Performance Analysis, kuadran A terdiri dari variabel responsiveness, kuadran B terdiri dari beberapa pernyataan pada variabel tangible, assurance, dan empathy, kuadran C terdiri dari beberapa pernyataan pada variabel tangible, reliability. Dan kuadran D terdiri dari beberapa pernyataan pada variabel responsiveness dan empathy.
Dari hasil Tingkat Kesesuaian Responden (TKi), secara keseluruhan memperoleh indeks antara 76% - 100% yang berarti mahasiswa puas dengan rata-rata TKi sebesar 98,348. Penilaian kinerja perusahaan berada pada kriteria baik dengan indeks rata-rata sebesar 441,4 % dan penilaian harapan pelanggan berada pada kategori tinggi indeks rata-rata sebesar 448, 867 %.
No other version available