SKRIPSI DIGITAL
Analisis Aliran Air Pada Badan Jalan Tol (Studi Kasus: Proyek Jalan Tol Solo – Yogyakarta – Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo Paket 1.1 Kartasura – Klaten STA 0+000 – 22+300) = Analysis of Water Flow on Toll Road Bodies (Case Study: Solo – Yogyakarta – Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo Toll Road Project Package 1.1 Kartasura – Klaten STA 0+000 – 22+300)
Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo – Yogyakarta – Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo seksi 1 paket 1.1 ruas Kartasura – Klaten merupakan bagian proyek strategis nasional guna memenuhi peningkatan kebutuhan akan sarana dan prasarana jalan raya. Jalan tol ini memiliki total panjang 93,14 km dibagi 3 seksi. Dalam pelaksanaannya, khususnya pada STA 8+025 muncul aliran air dari bawah badan jalan. Aliran air ini beresiko mengganggu kepadatan tanah dasar (subgrade) karena terjadi peningkatan kadar air secara terus – menerus. Apabila kepadatan tanah terganggu maka daya dukung dan kestabilan akan terganggu juga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aliran air dan merancang penanganan aliran air tersbut agar tidak mengganggu daya dukung dan kestabilan tanah dasar (subgrade). Penelitian diawali dengan pengamatan sifat fisik air secara visual, pengukuran sebaran dan debit sesaat aliran air dengan Metode Volumetrik, dan merencanakan penanganan berupa drainase bawah permukaan dan bak pengangkap air. Setelah analisis selesai didapatkan aliran mata air dengan sifat fisik tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa. Luas sebaran aliran air (3 x 1) m2 dan debit sesaat 1,423 l/s. Perencanaan drainase bawah permukaan berupa pipa porous berdiameter 4” dan blanket layer dengan luas cakupan (3 x 26) m2 tebal 0,2 m. Sedangkan bak penangkap air (broncaptering) berupa pipa outlet 4” dan struktur beton berpenutup berdimensi (4 x 2 x 0,5) m3.
Kata kunci – tanah dasar, aliran air, debit, sebaran, drainase bawah permukaan, bak penangkap air
No other version available