SKRIPSI DIGITAL
Analisis Kekuatan Tiang Bor Beton Cast In Place dengan Pengujian Pile Driving Analyzer = Analysis Of The Strenght Of Cast In Place Concrate Piles Using Pile Driving Analyzer
Pekerjaan pondasi tiang bor beton cast in place pada lokasi Kali Konteng, Sangu Banyu, dan Kali Mataram di Proyek Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta – Bawen Seksi 1 Paket 1 memiliki perbedaan nilai kapasitas daya dukung rencana dengan aktual (dilapangan). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis nilai daya dukung tiang bor beton cast in place serta mengetahui kekuatan tiang bor beton cast in place di lapangan. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa pengujian PDA dan analisis daya dukung tiang bor beton cast in place dengan metode Reese & Wright 1977 sedangkan analisa kekuatan tiang bor beton cast in place menggunakan metode konvensional Pn maks (kekuatan maksimum tiang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya dukung ultimit tiang bor beton cast in place yang dihitung berdasarkan data N-SPT dengan metode Reese & Wright 1977 pada lokasi Kali Konteng sebesar 1918,08 ton, lokasi Sangu Banyu sebesar 1532,34 ton, dan lokasi Kali Mataram sebesar 1416,34 ton. Sedangkan daya dukung rencana pada lokasi Kali Konteng sebesar 1312,5 ton, lokasi Sangu Banyu sebesar 1175 ton, dan lokasi Kali Mataram sebesar 1300 ton. Hasil Pn maks (kekuatan beton) didapatkan abutment di lokasi Sangu Banyu memiliki nilai paling besar sedangkan yang memiliki nilai paling kecil yaitu abutment di lokasi Kali Konteng. Sehingga urutan daya dukung ultimit rencana dan metode Reese & Wright 1977 pada abutment Kali Konteng, Sangu Banyu, dan Kali Mataram tidak sebanding atau tidak sama dengan urutan Pn maks (kekuatan beton).
Kata kunci : daya dukung, N-SPT, PDA, kekuatan beton.
No other version available