TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal = The Effect of Service Quality on Customer Loyalty Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal
Loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh banyak faktor, beberapa diantaranya adalah kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhdap loyalitas pelanggan. Metode pengumpulan data adalah kuesioner, dan studi pustaka. Jumlah sampel adalah 100 pelanggan perumda air minum tirto panguripan kendal. Regresi sederhana digunakan dalam menganalisis penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh sighnifikan terhadap loyalitas pelanggan, berdasarkan perhitungan persamaan regresi sederhana, diperoleh persamaan matemaika berikut Y = 1,195 + (0,708)X dari persamaan tersebut terlihat bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dari kualitas pelayanan. Jika kualitas pelayanan meningkat sebesar 1, itu akan menaikan loyalitas pelanggan sebesar 0,708. Kualitas pelanggan memberikan kontribusi sebesar 39,5% sementara 60,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Karena penelitian ini hanya menggunakan dua variabel, ini bisa menjadi kelemahan penelitian. Oleh karena itu, disarankan untuk penelitian selanjutnya menggunakan variabel yang berbeda selain variabel dalam penelitian ini yang mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 60,5%
No other version available