TA DIGITAL
Pengaruh Affiliate Marketing dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce TikTok Shop = The Influence Of Affiliate Marketing And Online Customer Reviews On Purchasing Decision At TikTok Shop E-Commerce
TikTok merupakan salah satu aplikasi popular di Indonesia dan pada September tahun 2021 meluncurkan platfrom belanja bernama TikTok Shop yang menjadikan TikTok menjadi aplikasi social-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh affiliate marketing dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada e-commerce TikTok Shop. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan studi pustaka. Kuesioner pada penelitian ini menggunakan skala semantic differential dengan rentang 1-10 jawaban. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dihitung menggunakan rumus Rao Purba dan didapatkan 100 responden. Metode analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji linearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t dengan program SPSS 25. Hasil penelitian yang dihasilkan penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa variabel Affiliate Marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) dan variabel Online Customer Review (X2) berperngaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan hasil variabel independen yaitu Affiliate Marketing (X1) dan Online Customer Review (X2) memberikan kontribusi sebesar 46,6% terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan sisanya sebesar 53,4% merupakan faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Affiliate Marketing, Online Customer Review, Keputusan Pembelian
No other version available