TA DIGITAL
Pengaruh Personal Selling dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Tabungan Emas PT Pegadaian Cabang Kendal = The Influence of Personal Selling and Online Customer Reviews on Purchasing Decisions for Gold Savings Product PT Pegadaian Kendal Branch
PT Pegadaian Cabang Kendal merupakan salah satu lembaga keuangan non-bank yang bergerak di bidang pembiayaan, emas, dan aneka jasa dimana dalam penelitian ini mengalami ketidakstabilan nasabah pembuka tabungan emas pada tahun 2022. Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh personal selling dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk Tabungan Emas PT Pegadaian Cabang Kendal. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, dan studi pustaka. Kuesioner penelitian menggunakan skala setuju dan tidak setuju dengan rentang 1-10. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT Pegadaian Cabang Kendal sebanyak 37.254 orang per Desember 2022. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan hasil 100 responden dari total populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial personal selling dan online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Model regresi yang dihasilkan menunjukkan sebesar 52,4% keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh variabel personal selling (X1) dan online customer review (X2), sedangkan sisanya sebesar 47,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: PT Pegadaian, Personal Selling, Online Customer Review, dan Keputusan Pembelian.
No other version available