TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kopimann Coffee Shop Sidomukti = The Influence of Service Quality on Consumer Satisfaction Kopimann Coffee Shop Sidomukti
Jumlah konsumen yang berkunjung dan membeli di Kopimann Coffee Shop pada bulan April hingga Juni mengalami penurunan. Penurunan tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah tingkat kepuasan konsumen. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa kepuasan konsumen bergantung pada kualitas pelayanan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kopimann Coffee Shop Sidomukti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka, observasi, dan kuesioner yang telah dibagikan kepada 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Non-Probability Sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas), analisis regresi linear sederhana, uji-t, dan koefisien determinasi.
Hasil analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan program SPSS versi 26 menunjukkan bahwa persamaan regresi yang dihasilkan Y = 0,218 + 0,918X dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikan variabel kualitas pelayanan (X) Sig. = 0,000 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan positif terhadap kepuasan konsumen Kopimann Coffee Shop Sidomukti. Hasil dari analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa besarnya Adjusted R Square sebesar 0,723. Hal tersebut memberikan arti bahwa kualitas pelayanan memberikan pengaruh sebesar 72,3% terhadap kepuasan konsumen sedangkan sisanya 27,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen
No other version available