TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Listrik Prabayar PT PLN Jakarta = The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction Prepaid Electricity PT PLN Jakarta
ABSTRAK
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN LISTRIK PRABAYAR PT PLN JAKARTA
(Studi Kasus Pada PT PLN UP3 Lenteng Agung Jakarta)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Listrik Prabayar, (2) Keeratan Hubungan Antara Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Listrik Prabayar pada PT PLN (Persero) UP3 Lenteng Agung Jakarta. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara dan kuesioner. Populasi adalah seluruh pelanggan listrik prabayar pada PT PLN (Persero) UP3 Lenteng Agung Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil perhitungan diperoleh Y = 0,259 + 0,897 X. hasil koefisien determinasi (Adjusted R square) menunjukkan bahwa 0,646 (64,6%) artinya kualitas pelayanan listrik prabayar dipengaruhi oleh 64,6% dan 35,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selain itu, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan. Hasil koefisien korelasi diperoleh 0,851 keeratan hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan listrik prabayar adalah sangat kuat.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan listrik.
No other version available