TA DIGITAL
Pengaruh E-Promotion dan Celebrity Endorsement Tasya Farasya terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Hanasui Mahasiswi Politeknik Negeri Semarang = The Influence of E-Promotion and Celebrity Endorsement Tasya Farasya on Purchase Decisions of Hanasui Cosmetic Products, Semarang State Polytechnic Students
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-Promotion dan Celebrity Endorsement Tasya Farasya terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Hanasui. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswi Program D-III Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif serta analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) E-Promotion berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Hanasui. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,389 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 atau 0,000 < 0,05; (2) Celebrity Endorsement berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Hanasui. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,154 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,007 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 atau 0,007 < 0,05; (3) E-Promotion dan Celebrity Endorsement secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Hanasui. Hal ini dibuktikan dari hasil uji F diperoleh nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 atau 0,000 < 0,05. Adapun nilai F-hitung sebesar 67,125 lebih besar dari nilai F-tabel pada taraf kepercayaan 0,05 yaitu nilai sebesar 3,12 atau 67,125 > 3,12. Dilihat nilai Adjusted R Square yang diperoleh sebesar 0,651 atau 65,1%. Hal tersebut menunjukkan bahwa E-Promotion (X1) dan Celebrity Endorsement (X2) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) sebesar 65,1%, sedangkan sisanya sebanyak 44,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: E-Promotion, Celebrity Endorsement, dan Keputusan Pembelian.
No other version available