TA DIGITAL
Pengaruh E-Customer Relationship Management dan E-Service Quality terhadap E-Customer Satisfaction Pada E-Commerce Bhinneka.Com = The Influence of E-Customer Relationship Management and E-Service Quality on E-Customer Satisfaction in E-Commerce Bhinneka.Com
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-customer relationship management dan e-service quality terhadap e-customer satisfaction pada e-commerce Bhinneka.com. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Sampel yang digunakan yaitu customer yang pernah membeli produk di Bhinneka.com minimal satu kali selama enam bulan terakhir dengan jumlah sampel 120. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif responden, analisis regresi berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis deskriptif berdasarkan three box method menunjukkan bahwa e-customer relationship management dan e-service quality merupakan kategori tinggi. Hasil penelitian dari persamaan regresi menunjukkan adanya pengaruh secara positif antara e-customer relationship management dan e-service quality terhadap e-customer satisfaction. Hasil koefisien determinasi sebesar 53,2% variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen. Hasil uji t menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara e-customer relationship management terhadap e-customer satisfaction dan terdapat pengaruh yang signifikan antara e-service quality terhadap e-customer satisfaction. Hasil uji f menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama antara e-customer relationship management dan e-service quality terhadap e-customer satisfaction.
No other version available