TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Ciputra Semarang = The Influence Service Quality and Brand Image on Consumer Satisfaction at Hotel Ciputra Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan citra
merek terhadap kepuasan konsumen, baik secara parsial ataupun bersama-sama.
Sampel penelitian adalah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik
accidental sampling. Pengumpulan data primer menggunakan observasi,
wawancara, serta kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan menguji
validitas dan reliabilitas. Analisis regresi yang digunakan adalah analisis linier
berganda yang terdiri dari uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen dan citra merek berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan konsumen. Secara bersama-sama variabel kualitas pelayanan
dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil
perhitungan koefisien determinasi antara variabel kualitas pelayanan dan citra
merek pada kepuasan konsumen adalah sebesar 0,799 yang berarti kualitas
pelayanan dan citra merek memberikan pengaruh 79,9% terhadap kepuasan
konsumen, sedangkan sisanya sebesar 20,1% ditentukan oleh variabel lain yang
tidak dijelaskan pada penelitian ini. Rekomendasi untuk Hotel Ciputra Semarang
berdasarkan hasil penelitian ini agar lebih meningkatkan kecepatan kemampuan
dalam menyelesaikan keluhan konsumennya, sehingga dapat meningkatkan
kepuasan konsumen
No other version available