TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora = The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at Perumda Air Minum Tirta Amerta, Blora Regency
ABSTRAK
Judul: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perumda Tirta Amerta Kabupaten Blora
Air merupakan salah satu kebutuhan penting dalam menunjang kehidupan manusia. Perumda Air Minum Tirta Amerta merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan dan melayani kebutuhan air bersih di Kabupaten Blora. Dalam pelaksanaannya, kinerja Perumda Air Minum Tirta Amerta masih banyak mendapatkan respon keluhan dari pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan variabel dependennya adalah kepuasan pelanggan. Jumlah responden yang ditentukan sebanyak 100 responden. Penentuan sampel menggunakan nonprobability sampling, yaitu dengan cara Insidental sampling, artinya penentuan sampel berdasarkan kebetulan dengan siapa saja peneliti bertemu dengan responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, studi pustaka, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
No other version available