TA DIGITAL
Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Garuda Indonesia Semarang = The Influence of Brand Image and Servie Quality on Customer Loyalty At PT Garuda Indonesia Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan secara parsial maupun simultan. Sampel penelitian adalah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan studi literatur untuk data sekunder. Pengujian instrumen dilakukan dengan menguji validitas dan reliabilitas. Analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek dan kualitas layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan. Variabel citra merek dan kualitas layanan layak menjelaskan terhadap loyalitas pelangan. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi dari penentuan antara variabel citra merek dan kualitas layanan pada loyalitas pelanggan sebesar 0,554 itu berarti bahwa citra merek dan kualitas layanan memberikan pengaruh 55,4% terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan sisanya 44,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Rekomendasi dari hasil penelitian agar meningkatkan citra merek agar lebih dikenal baik masyarakat, meningkatkan kualitas layanan penerbangan, dan agar dapat mengkaji pengaruh loyalitas pelanggan bersama dengan variabel lain seperti harga atau kepuasan konsumen. Sehingga peningkatan loyalitas pelanggan dapat tercapai secara optimal.
No other version available