TA DIGITAL
Pengaruh Persepsi Kualitas Siaran dan Kepuasan Pendengar Terhadap Loyalitas Pendengar Radio Gajahmada FM Semarang = The Influence of Perception of Broadcasting Quality and List Listender Satisfaction on Listender Loyalty of Gajahmada FM Radio Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kualitas siaran dan kepuasan pendengar terhadap radio Gajahmada FM Semarang. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 120 pendengar radio Gajahmada FM dengan metode accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda untuk menguji tiga hipotesis. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa persepsi kualitas siaran memiliki pengaruh yang positif terhadap loyalitas pendengar dan kepuasan pendengar memiliki pengaruh yang positif terhadap loyalitas pendengar. Semakin baik persepsi pendengar terhadap kualitas siaran dan meningkatnya tingkat kepuasan pendengar, maka akan meningkatkan loyalitas pendengar radio Gajahmada FM Semarang. Stasiun radio disarankan untuk terus menciptakan program siaran yang kreatif, inovatif dan informatif untuk pendengar disesuaikan dengan kebutuhan pendengar dan segmentasi radio. Selain itu penyiar dapat meningkatkan keterlibatan pendengar melalui interaksi pada saat siaran on air maupun off air untuk menciptakan rasa keterikatan dan kepuasan. Perusahaan juga harus melakukan evaluasi secara berkala terkait program siaran, kualitas sumber daya, dan kualitas teknis transmisi radio yang memerankan peran penting dalam pengalaman pendengar mendengarkan siaran radio. Dengan memperhatikan dan meningkatkan kualitas penyiaran dan program siaran, penyiar, hingga interaksi pendengar tersebut akan tercipta persepsi yang baik dan kepuasan pendengar sehingga menumbuhkan loyalitas pada diri pendengar.
No other version available