TA DIGITAL
Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Diskon terhadap Minat Beli Konsumen pada Asia Plaza Tasikmalaya = The Effect of Promotions on Social Media and Discounts on Consumers Buying Interest at Asia Plaza Tasikmalaya
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli
konsumen. Faktor penentu yang dipertimbangkan adalah promosi di media sosial
dan diskon. Objek penelitian adalah Asia Plaza Tasikmalaya yang merupakan salah
satu supermarket di daerah Tasikmalaya. Sampel penelitian adalah 55 responden,
yang ditentukan berdasarkan kriteria usia lebih dari 15 tahun, telah
berkunjung/berbelanja lebih dari 2 kali dan merupakan pengikut media sosial Asia
Plaza Tasikmalaya. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner yang telah
diuji validitas dan reliabilitasnya. Responden mengisi kuesioner dengan google
formulir, disebarkan kepada calon responden yang pertama kali ditemui dan
memenuhi kriteria (purposive sampling). Metode analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis regresi berganda, dengan alat uji IBM SPSS Statistics 25,
analisis ini digunakan untuk mengukur pengaruh antara lebih dari satu variabel
bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel
promosi di media sosial dan diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat beli konsumen. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi,
promosi di media sosial dan diskon memberikan pengaruh 59,5% terhadap minat
beli konsumen sedangkan sisanya 40,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah
menggunakan variabel lain yang berkaitan dengan minat beli konsumen.
Kata Kunci: Promosi di Media Sosial, Diskon, Minat Beli Konsumen
No other version available