TA DIGITAL
Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter dan Instagram terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Informasi pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah = The Influence of Twitter and Instagram Social Media Usage on the Information Service User Satisfaction at Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah
Media sosial elektronik adalah sarana komunikasi manusia yang berkembang bersama pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi, contohnya Twitter dan Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Twitter dan Instagram terhadap kepuasan pengguna layanan informasi pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan teknik non-probability sampling, yaitu purposive sampling terhadap 100 orang. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan diperoleh persamaan regresi Y = 0,388 X1 + 0,442 X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Penggunaan Media Sosial Twitter dan Instagram berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Informasi dengan kontribusi sebesar 60,2%. Saran dari hasil penelitian agar admin akun media sosial Twitter @DISPERMADES_JTG dan Instagram @dispermadesdukcapil_jtg lebih aktif dalam memberikan respons, update informasi, serta meningkatkan pemahaman mengenai pelayanan prima melalui training.
Kata Kunci: Media Sosial, Twitter, Instagram, Kepuasan Pengguna Layanan Informasi
No other version available