TA DIGITAL
Edukasi Tentang Pembelajaran Interaktif Dengan Game Memancing Ikan Berbasis Android = Education About Interactive Learning With Android-Based FIshing Games
Pendidikan anak di Indonesia adalah suatu Pendidikan anak-anak yang bertujuan
untuk mengembangkan potensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, motoric
ketangkasan, dan konsentrasi pada anak-anak di Indonesia. Untuk membuat
pembelajaran yang interaktif upaya untuk menghibur anak dan memajukan
Pendidikan di Indonesia, dapat diperkenalkan dengan game pada smartphone di
android, seperti game memancing untuk mengajarkan anak-anak tentang berbagai
jenis ikan dan manfaatnya. Sebagai Negara Kepulauan, Indonesia memiliki sumber
daya perikanan yang melimpah namun, berdasarkan data dari kkp.go.id, konsumsi
ikan di Indonesia belum merata. Faktor-faktor yang mempengaruhi
ketidakmerataan konsumsi ikan di Indonesia antara lain rendahnya kesadaran
masyarakat tentang manfaat ikan bagi kesehatan, keterbatasan akses dan distribusi
ikan terutama di daerah pedalaman, serta harga ikan yang masih tergolong mahal
dibandingkan dengan bahan makanan lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk membangun game memancing ikan pada smartphone berbasis
android. Penelitian ini menggunakan metode Game Development Life Cycle
(GDLC) dalam pembuatan dan pengembangan game memancing dengan
menerapkan pendekatan secara iterative. Pembuatan game ini diharapkan dapat
memberikan manfaat untuk memajukan Pendidikan di Indonesia dan memotivasi
anak-anak untuk belajar tentang beragam ikan di Indonesia. Hasil penelitian
menunjukan penggunaan game dalam pembelajaran interaktif dapat meningkatkan
minat anak-anak dalam belajar, berdasarkan survey yang kami ambil dengan skor
93%.
No other version available